Awal tahun, saatnya memulai sesuatu yang baru baik dalam kehidupan karir, keluarga, maupun keuangan. Namun sebelumnya ada baiknya melakukan evaluasi supaya tujuan kita bisa tercapai, sekaligus belajar dari kesalahan yang telah lalu.

Kali ini kita memberi checklist pertanyaan yang membantu resolusi finansial, terutama untuk Anda yang terbelit utang.

Untuk apa saja uang yang Anda keluarkan?
Sebelum Anda mengatur keuangan, rinci dahulu pengeluaran secara mendetil. Hal ini diperlukan untuk mengetahui apakah ada hal-hal yang perlu dibeli atau tidak.

Jangan-jangan selama ini pengeluaran Anda hanya untuk gaya hidup. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Untuk apa Anda bekerja?
Pilihannya adalah apakah Anda bekerja hanya untuk membayar utang ataukah bersenang-senang. Jika pilihannya jatuh pada yang kedua, segera rinci utang Anda. Bayar kartu kredit dan cicilan dari yang terkecil dan kemudian gunting.

Untuk apa Anda menabung?
Tidak penting seberapa banyak Anda menabung. Lebih penting adalah mengetahui tujuan dari menabung tersebut. Pisahkan untuk jangka pendek (kurang dari tiga tahun), menengah dan panjang (lebih dari lima tahun). Jangan lupa berikan target nominal sehingga Anda tahu pencapaian yang telah dilakukan.

Apakah telah memiliki dana darurat?
Percuma kalau menabung atau investasi namun habis dalam sekejap jika kita sakit. Usahakan memiliki dana darurat. Untuk yang lajang, jumlah yang disarankan adalah tiga kali pengeluaran bulanan. Yang berpasangan adalah enam kali, dan seterusnya. Jangan lupa untuk terus memantau perkembangan resolusi kita setiap enam bulan sekali.

Selamat mencoba!

Share Button