Orang sehat terlihat lebih segar, begitu pula dengan kulit. Kulit kenyal, tidak bernoda, lembut dan cerah membuat kita tampak lebih muda. Hari ini kami berikan beberapa daftar makanan lezat dan sehat pendukung kesehatan kulit kita.

 

flaxseed-4541. Biji Bunga Flax
Bunga ini tumbuh subur di Amerika dan Kanada, bentuknya seperti wijen. Banyak penelitian mengatakan biji bunga flax kaya akan Omega 3. Hal ini bisa mengurangi iritasi pada kulit. Di supermarket besar, biji ini sudah dijual. Kita bisa mengonsumsinya dengan menambahkannya pada oatmeal, smoothies, atau bahkan muffin.

 

blueberry2. Buah Ungu dan Biru
Kita mengenal blueberi, plum dan blackberry (yang bukan ponsel loh). Ketiganya berwarna ungu kebiruan. Semakin ungu warna buah dan sayur, maka makin tinggi pula zat antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kerusakan sel.

 

sunflower-seeds-roasted-salted_13. Biji Bunga Matahari

Sesuai dengan namanya, biji bunga matahari bisa melindungi kita dari sengatan UV. Bunga kuning ini ternyata kaya vitamin E. Jadikan biji bunga matahari kudapan sore penahan lapar di kantor.

 

dark-chocolate-chunks4. All Natural Raw Dark Chocolate
Lupakan mitos cokelat penyebab jerawat. Asalkan memakannya dalam porsi yang wajar, cokelat akan bermanfaat untuk kulit karena mampu menghambat garis penuaan di wajah dengan kandungan antioksidannya.

 

 

SNI Yogurt. A110816 Thanksgiving Sides. November 20115. Yoghurt
Kandungan asam laktat dan seng (zinc) dalam yoghurt sangat bermanfaat bagi kulit. Konon Cleopatra mengonsumsinya untuk menjaga kulitnya tetap awet muda. Pilihlah yoghurt yang tawar (plain) guna mengurangi asupan kadar gula. Tambahkan buah-buahan sebagai variasi rasa.

Sekarang kita sudah tahu beragam makanan yang mendukung si kulit sehat. Namun hal ini tidak serta merta, dibutuhkan proses dan juga konsistensi dalam melakukannya.

 

Artikel ini telah diverifikasi oleh dr. Fiona Amelia, MPH (Compliance & Care Coordinator) dan Katherin Tanujaya, CDN, HC (Nutrisionist) di Medikaloka Healthcare.

Share Button