Seiring dengan kemajuan jaman, sistem pelajaran di sekolah pun ikut berkembang. Daftar pelajaran semakin bervariasi, waktu belajar di sekolah juga semakin panjang, akibatnya jumlah buku yang wajib dibawa ke sekolah pun bertambah banyak dan berat. Pertanyaan penting yang harus dijawab oleh para orang tua adalah: sudahkah anak Anda memakai tas punggung yang suportif untuk membawa beban berat tersebut?

Mungkin pertanyaan tersebut terkesan sepele, namun jangan diabaikan. Tas punggung yang dikenakan sangat berkaitan erat dengan kesehatan si anak.

Menurut penelitian di pusat kesehatan Georgia, sudah sekitar 6.000 anak harus mengalami sakit punggung yang serius akibat salah memakai tas punggung.

Menurut penelitian di pusat kesehatan Georgia, sudah sekitar 6.000 anak harus mengalami sakit punggung yang serius akibat salah memakai tas punggung. Cedera yang termasuk di antaranya adalah memar, keseleo, bahkan patah tulang punggung dan bahu. Tubuh anak sangat rentan terhadap cedera-cedera tersebut karena masih dalam proses pertumbuhan.

Berikut beberapa tips sebelum membeli tas punggung bagi anak Anda:

Fitur yang tepat
Dua tali bahu yang lebar dan bantalan empuk di bagian belakang. Tali bahu yang sempit akan membuat bahu cepat sakit. Bantalan empuk berguna untuk meningkatkan kenyamanan dan menghalangi benda-benda yang tajam seperti pensil dan pen untuk menusuk punggung.
Banyak sekat. Tujuannya agar berat tas punggung terdistribusikan merata.
Tali pinggang. Berguna untuk mendistribusikan berat beban lebih merata di seluruh tubuh.
Roda. Sangat membantu untuk hari-hari tertentu dengan bawaan yang sangat berat. Si anak tinggal mendorong tas punggungnya.

Ukuran yang tepat
Untuk mengurangi resiko cedera, dr. Kathryn McLeod dari pusat kesehatan Georgia menganjurkan bahwa ukuran tas punggung tidak boleh melebihi 75% dari panjang punggung anak Anda (ditentukan dari area pinggang sampai bahu anak). Mulailah mengukur panjang punggung anak Anda sekarang.

Kenakan secara tepat
Jika sudah membeli dengan fitur dan ukuran yang tepat, cara pemakaian juga berpengaruh.
Kemas dengan ringan. Dokter anak dan ahli terapi menganjurkan berat tas punggung tidak melebihi 15% dari berat badan anak. Untuk anak dengan berat 35 kg, maka disarankan tas punggung tidak lebih dari 5,25 kg.
Angkat dengan benar. Terkadang karena terburu-buru, si anak membawa tas punggungnya dengan mengalungkan satu tali saja. Pastikan anak selalu mengalungkan kedua tali bahunya.
Pakai dengan nyaman. Sesuaikan panjang tali bahu dengan tubuh anak Anda. Tempatkan barang terberat paling dekat dengan punggung anak Anda, karena ini memerlukan dukungan tubuh yang lebih. Jika tersedia, pastikan untuk selalu mengenakan tali pinggang.

Share Button