Dalam merencanakan keuangan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Yang pertama adalah dana darurat, biasanya nilainya 3x dari gaji bulanan Anda. Setelah itu asuransi, dan jangan lupakan investasi.

Biasanya orang hanya memprioritaskan untuk mengumpulkan dana darurat dan investasi namun mengabaikan asuransi, karena dianggap sebagai beban, cuma bayar tanpa terlihat return-nya.

Ubah pola pikir tersebut. Jika kita membandingkan dengan negara-negara di Eropa, pemerintahnya mewajibkan semua penduduknya untuk memiliki asuransi. Jika tidak, mereka akan mendapatkan denda yang cukup besar. Mereka menyadari bahwa asuransi sangatlah penting, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Dengan memiliki asuransi, maka mereka tidak perlu merisaukan lagi mengenai biaya kesehatan yang mahal. Mereka bisa mendapatkan perawatan secara cuma-cuma karena sudah membayar biaya asuransi setiap bulannya.

Jika dana terbatas, usahakan pencari nafkah utama yang terlebih dahulu harus memiliki asuransi.

Jika dana terbatas, usahakan pencari nafkah utama yang terlebih dahulu harus memiliki asuransi. Sebagai langkah awal, mari kita berkenalan dengan Asuransi Kesehatan, yang melindungi penanggung dan keluarganya dari kesulitan keuangan karena biaya pengobatan saat terjadi cedera atau sakit di waktu tidak terduga.

Kenapa Butuh Asuransi?
Coba jawab beberapa pertanyaan berikut ini. Jika mayoritas jawabannya adalah iya, maka kita memang orang yang berisiko dan segeralah berkonsultasi untuk menentukan asuransi yang cocok untuk kita.

Apakah Anda membutuhkan dana untuk perawatan jangka panjang jika sakit?
o YA
o TIDAK

Apakah Anda memiliki garis genetik penyakit tertentu?
o YA
o TIDAK

Apakah Anda sering berada dalam kondisi rawan kecelakaan, misalnya kondisi kerja?
o YA
o TIDAK

Apakah Anda pencari nafkah utama dalam keluarga?
o YA
o TIDAK

Dalam memilih asuransi kesehatan, sesuaikan dengan dana yang dimiliki. Memang semakin besar premi yang kita bayarkan pasti semakin besar manfaat yang akan diterima. Pilih perusahaan asuransi yang mempunyai referensi baik dan pilih yang jenisnya mengandung investasi atau tabungan. Keuntungannya di saat tidak mengalami suatu cedera atau sakit maka manfaatnya menjadi sebuah tabungan atau dana pensiun.

Prinsip “sedia payung sebelum hujan” memang benar, salah satunya dengan memiliki asuransi kesehatan.

Share Button