Akhir-akhir ini memiliki kartu kredit seakan menjadi sebuah trend di masyarakat. Perusahaan pemilik kartu kredit pun berlomba-lomba memberikan penawaran menarik, seperti diskon di berbagai pusat perbelanjaan maupun restoran, ataupun pemberian reward yang dapat ditukarkan dengan hadiah.

Namun di balik semua promosi yang ada, kita harus sangat bijak menggunakan kartu kredit. Jika tidak, maka bukan reward yang didapatkan, namun tumpukan utang yang menggunung, plus bunga utang yang harus kita bayar.

Bila Anda terlanjur punya utang kartu kredit dengan jumlah berkali lipat dari gaji bulanan, beberapa cara berikut dapat membantu untuk melunasi tagihan.

1. Periksa saldo tabungan.
Bila dana cukup, gunakan saldo untuk membayar lunas utang. Jangan terlena membayar minimum payment tiap bulan. Terlihat kecil memang, tapi taukah Anda jika bunga utang kartu kredit bisa sampai 40% per tahun. Begitu utang kartu kredit Anda lunas, maka Anda bisa memulai menabung lagi tanpa menderita kerugian membayar bunga utang.

2. Hentikan pemakaian kartu kredit sampai tagihan yang ada lunas.
Kalau bisa, pindahkan saldo tagihan ke kartu kredit baru yang menawarkan transfer balance dengan bunga lebih rendah. Tinggalkan kartu kredit di rumah, biasakan membayar dengan cash atau kartu debit untuk mengontrol pengeluaran.

3. Kurangi pengeluaran untuk gaya hidup.
Tunda dulu keinginan membeli TV plasma, iPhone 6, atau berlibur ke luar negeri. Hiduplah lebih sederhana untuk sementara waktu sampai utang Anda lunas.

4. Jual barang pribadi hasil utangan dengan kartu kredit.
Anda dapat menjual simpanan barang pribadi yang tidak dipakai lagi. Situs jual beli/lelang online sudah mulai umum dimanfaatkan dan dapat membantu Anda menjual barang itu. Jangan salah, nilai puluhan ribu rupiah dari satu hasil penjualan dapat cukup bernilai bila jumlah barang banyak.

5. Hubungi konsultan keuangan.
Jangan ragu dan malu untuk menghubungi konsultan keuangan bila Anda sudah kehabisan ide untuk melunasi hutang kartu kredit. Mereka biasanya tahu bagaimana cara terbaik untuk segera melunasinya.

Share Button