Menghafal buku pelajaran dengan berdiam diri seharian di kamar, itu cara kuno. Hasilnya pun seringkali tidak memuaskan. Bukan karena si anak tidak mampu melainkan teknik belajarnya yang salah.

ini kita akan memberikan 10 trik supaya proses belajar menjadi lebih fun dan menghasilkan nilai akhir yang lebih memuaskan.

Garis bawah atau stabilo berwarna.
Ini maksudnya memberi garis bawah atau bahkan stabilo berwarna di bagian kalimat yang penting. Metode ini cukup simpel namun dikenal cukup efektif. Tanpa disadari, otak Anda akan membaca kalimat-kalimat penting tersebut dan mengingatnya. Pilihlah hanya kalimat kunci yang paling penting saja untuk di garis bawahi atau di stabilo.

Bikin catatan sendiri.
Biasakan untuk membuat catatan dengan bahasa anda sendiri yang mudah dimengerti. Ambil kesimpulan dari pelajaran di kelas atau artikel yang Anda baca, dan buat catatan dengan menggunakan bahasa sederhana yang Anda mengerti.

Mind mapping (peta pikiran).
Mind Maping pertama kali dikembangkan oleh Tony Buzan, seorang Psikolog dari Inggris. Mind maping adalah cara mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah, menangkap berbagai informasi dalam berbagai sudut, dan menuangkannya dalam bentuk diagram, gambar dan simbol. Mind maping mengembangkan cara berpikir berpikir kreatif. Mind map yang bagus akan menghemat waktu belajar dan sangat efisien. Mind map dapat dibuat secara manual ataupun menggunakan bantuan software, misalnya ExamTime.

Flashcard.
Flashcard yaitu kartu berisikan kata, angka, gambar, ilustrasi serta konsep yang digunakan untuk belajar. Metode ini bagus untuk memadukan berbagai data, fakta, angka, atau kosakata. Mata pelajaran seperti Sejarah, Fisika, Matematika, Kimia dan Geografi sangat cocok menggunakan flashcard sebagai metode belajar. Ini menjadikan cara belajar dan menghafal menjadi lebih fun dan menarik.

Studi kasus.
Seringkali kita menemui kesulitan untuk menghafalkan berbagai jenis teori. Di sinilah letak kelebihan dari studi kasus, di mana dapat membantu Anda memvisualisasikan teori dan menempatkannya dalam konteks yang lebih familiar dan realistis. Hal ini sangat berguna dalam pelajaran bisnis atau hukum.

Mau tau cara belajar fun yang lain? Ikuti artikel kami selanjutnya.

Share Button