Jika ingin sukses, maka kata orang harus banyak belajar. Di sisi lain, belajar itu bisa menjadi aktivitas yang membosankan. Kepingin juga kalau aktivitas belajar ini bisa menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Bagaimana caranya ya?

Bermain Kuis
Periksa kembali catatan yang Anda buat dalam beberapa hari sebelum ujian. Lalu buat pertanyaan dan jawaban berdasarkan catatan tersebut. Bermain kuis juga dapat menunjukkan kelebihan dan kelemahan Anda sehingga bisa focus belajar ke bagian yang kurang dimengerti. Lebih jauh lagi Anda bisa bermain kuis ini dengan teman sekelas dan saling menguji, sehingga bisa menemukan lebih banyak informasi.

Belajar kelompok
Ini merupakan cara yang cukup menyenangkan dibandingkan dengan mengunci diri di kamar. Anda bisa bertemu dengan teman-teman sekelas, berbagi pengetahuan, dan seringkali muncul ide-ide baru yang kreatif.

Mnemonic Rules
Cara ini berarti mengaitkan sebuah konsep dengan konsep lain yang dapat lebih mudah diingat dan ditangkap oleh otak kita. Biasanya metode ini bisa menstimulasi otak untuk dapat mengingat dalam jangka panjang. Masih ingat ketika kita menghafal jumlah hari di setiap bulannya dengan menggunakan buku-buku telapak tangan kita. Buku-buku yang menonjol mengartikan jumlah 31 hari dalam bulan tersebut.

Buat jadwal belajar
Jangan memakai sistem kebut semalam atau SKS ya. Sistem tersebut akan menjadikan proses belajar sebagai aktivitas yang berat. Atur jadwal untuk belajar, sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya Senin waktunya belajar Matematika dan Sejarah masing-masing 2 jam, Selasa giliran belajar Bahasa dan Fisika, dan seterusnya.

Menggambar
Banyak orang merasa lebih mudah untuk mengingat gambar daripada teks, itulah sebabnya mereka lebih mampu menghafal konsep jika mereka mengasosiasikannya dengan gambar. Mulailah tambahkan beberapa gambar di catatan Anda.

Beberapa trik tersebut mungkin bukan merupakan hal yang baru. Namun hal yang terpenting adalah bagaimana kita memaksimalkan cara-cara tersebut. Kemajuan teknologi yang ada juga mengubah cara penerapannya. Misalnya membuat jadwal belajar bisa dilakukan di Google Calendar, yang bahkan dilengkap dengan sistem pengingat.

Mudah bukan? Belajar bukan lagi sebuah aktivitas yang membosankan.

Share Button