Bekerja 8 jam sehari (9 to 5), meeting, dilanjut dengan membalas email yang masuk sepanjang hari. Percaya atau tidak, rutinitas yang itu-itu saja bisa membuat produktivitas Anda dalam bekerja menurun.

Salah satu perusahaan ternama, Google memiliki sistem ’15-20% free time’ untuk para karyawannya. Tujuannya adalah dengan mengambil ‘free time’ maka hal tersebut bisa membuat pikiran mereka refresh kembali untuk bekerja. Hal tersebut dipercaya bisa meningkatkan produktivitas karyawan mereka.

Mungkin perusahaan kita tidak memiliki sistem seperti Google, namun mari kita coba hal yang baru dan tidak biasa berikut ini, dan pecayalah produktivitas Anda akan meningkat.

Kurangi waktu kerja.
Terdengar aneh bukan? Harusnya malah menambah waktu kerja. Well, itu bukan solusi. Jika Anda merasa sudah overload dengan pekerjaan dan merasa otak sudah tidak mampu berpikir jernih lagi, take a break! Ini akan lebih efisien disbanding Anda tetap memaksakan terus bekerja namun tidak menghasilkan apa-apa.

Bermain game
Percaya atau tidak, game bisa meningkatkan kreativitas. Beberapa penelitian di Jerman menemukan bahwa bermain game bisa membuat volume otak lebih besar dan membuat kinerja otak lebih baik. Tidak semua game memang, namun beberapa game seperti RTS (Real Time Strategy) dan Super Mario terbukti bagus untuk meningkatkan kinerja otak.

Periksa email secara terjadwal
Tanpa sadar kita selalu mengecek email kita terus menerus dan tanpa sadar hal tersebut sangat menyita waktu. Mulai sekarang buatlah jadwal untuk mengecek email. Misalnya di pagi hari saat memulai pekerjaan, lalu periksa kembali sesuai dengan jadwal yang Anda buat. Sisanya, berkomunikasilah dengan sesama rekan kerja untuk saling bertukar ide dan informasi.

Belajar berkata Tidak!
Dalam urusan pekerjaan, terkadang kita memang susah berkata tidak, apalagi jika tugas datang dari bos. Namun ada saatnya di mana kita harus berkata tidak karena memang pekerjaan kita sudah melampaui batas. Cara penyampaiannya saja yang harus dijelaskan kenapa kita tidak bisa melakukan tugas tambahan, bukan tidak mau, tetapi karena sudah overload.

Simpan goal untuk diri sendiri
Memang ada baiknya sharing goal atau mimpi kita kepada teman atau rekan kerja. Namun, terkadang mendengarkan pendapat orang sekitar bisa menurunkan semangat dalam mencapai goal tersebut. Apalagi jika banyak komentar negatif di sekitar kita. Ada baiknya simpan goal untuk diri sendiri dan ceritakan ke orang lain jika kita sudah mencapainya. Hal tersebut akan memberikan kepuasan tersendiri.

Share Button