Saat terserang flu, cara yang paling ampuh untuk kembali sehat adalah beristirahat di rumah. Selain itu tidak ada salahnya ketika beristirahat, kita juga memberikan vitamin yang dibutuhkan tubuh melalui makanan yang dikonsumsi.

Penelitian medis mengatakan, di saat kita sakit, maka tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang.

Penelitian medis mengatakan, di saat kita sakit, maka tubuh memerlukan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang. Tubuh harus bekerja lebih keras untuk bertahan melawan infeksi, khususnya terhadap flu dan demam. Agar tubuh dapat bertahan melawan infeksi maka dibutuhkan nutrisi untuk dikonsumsi. Kenali penyakit Anda dan makanan yang perlu dikonsumsi:

1. Flu
Cara terbaik untuk menangkal flu yaitu memasukkan cukup banyak cairan ke dalam tubuh. Cairan ini bisa didapat dari :

ChickenSoupSup Ayam
Ini bukan saja cara lama yang dipercaya bisa membantu mengurangi flu. Ayam mengandung amino acid yaitu cysteine, yang melancarkan lendir di paru-paru, dan kaldu panas membantu melancarkan saluran hidung yang tersumbat. Contohnya Sup Ayam Bayam dan Pesto.

 

 

 

42-25465772Teh Panas
Usahakan meminum teh hijau yang kaya akan antioksidan untuk menaikkan imun tubuh kita.

 

 

 

 

lemon-4Buah yang Kaya Vitamin C
Kita sudah familiar jika flu maka harus banyak mengkonsumsi buah jeruk, apel, dan lemon. Buah-buahan tersebut mengandung flavonoids, yang bagus untuk meningkatkan sistem imun dan mempercepat penyembuhan.

 

 

 

2. Masalah dengan Lambung/Perut.
Jika mengalami masalah dengan perut maka cobalah makan makanan yang mudah dicerna oleh tubuh.

mGT7LvGBiskuit dan roti toast
Biskuit tanpa rasa atau roti panggang dari gandum, merupakan makanan yang mudah dicerna oleh tubuh, khususnya di saat mengalami masalah dengan pencernaan.

 

 

 

o7mhw4KPisang
Buah yang satu ini memang kaya manfaat. Teksturnya yang lembut sangat bagus untuk memperlancar pencernaan, sekaligus membantu menurunkan temperatur tubuh.

 

 

 

oh3bhxuJahe
Penelitian menunjukkan bahwa jahe sangat efektif untuk mencegah mual dan masalah lambung lainnya, misalnya susah buang air besar, susah menelan, dan mual. Minum teh jahe atau campur jahe asli dengan segelas air panas. Rasakan kehangatan di perut Anda setelah meminumnya.

 

 

 

Hindari Makanan Berikut
Saat kondisi tubuh lemah karena sakit, ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu ekstrim dan bisa memperparah kondisi yang ada. Misalnya :

Makanan pedas dan bercita rasa kuat
Bagi orang Indonesia kebanyakan, tidak lengkap jika makan tidak pakai sambal. Namun untuk beberapa waktu di saat kondisi tubuh masih lemah, hindari makanan pedas dan makanan yang memiliki taste yang kuat.

Makanan/minuman yang mengandung gula dan garam berlebihan
Kadar gula yang tinggi dapat menurunkan sistem imun dan menyebabkan masalah untuk menelan. Sedangkan makanan yang berlemak, akan lebih susah dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat ataupun protein.

Setelah membaca artikel ini maka untuk selanjutnya Anda lebih memahami makanan apa saja yang boleh dan sebaiknya dihindari di kala sakit. Tetapi yang jauh lebih penting, mencegah tetap lebih baik daripada mengobati. Konsumsi buah setiap harinya dan istirahat cukup. Stay healthy!

 

Artikel ini telah diverifikasi oleh Katherin Tanujaya, CDN, HC, Nutrisionist di Medikaloka Healthcare.

Share Button