Ingatkah Anda kapan terakhir kali mengganti bantal di tempat tidur? Atau kita masih memakai bantal masa kanak-kanak selama 20 tahun lebih? Ternyata bantal harus sering diganti. Tidak sehat menggunakan bantal yang sama selama bertahun-tahun.

Rafael Pelayo, seorang peneliti di Stanford Centre, selalu menggunakan obat tidur untuk para pasiennya karena dia tidak tahu bahwa bantal ternyata memiliki andil untuk orang yang susah tidur.

Sekarang pertanyaannya, kapankah kita harus mengganti bantal? Kadang kita tidak sadar kalau bantal yang digunakan sudah terlalu kempes dan itu sangat tidak sehat. Nancy Rothstein, konsultan sekaligus mengakui dirinya sebagai ‘sleep ambassador’, memiliki trik untuk mengetahui saat yang tepat membeli bantal baru.

Jika Anda memiliki bantal yang bukan busa, maka lipatlah menjadi dua bagian, jika bantal tidak kembali ke bentuk semula, maka saatnya berbelanja bantal.

Jika Anda memiliki bantal yang bukan busa, maka lipatlah menjadi dua bagian, jika bantal tidak kembali ke bentuk semula, maka saatnya berbelanja bantal. Bahkan bisa juga bantal yang masih berbentuk seperti asal, malah menyimpan sel kulit mati, minyak dari kulit kepala, dan debu. Setelah beberapa waktu lamanya, kotoran yang tersimpan di dalamnya bisa keluar ke permukaan dan itu tidak sehat, khususnya bagi orang yang memiliki alergi.

“Jika Anda memiliki bantal yang sudah cukup lama, dan khususnya terbuat dari bahan sintetik polyester, maka Anda harus menggantinya setiap 6 bulan sekali,” ujar Michael Breus, peneliti psikologi dan penulis buku ‘Good Night’.

Ketika Anda ke toko untuk membeli bantal baru, ada hal-hal yang harus diperhatikan juga. Breus menganjurkan membeli 2 macam bantal, yaitu pertama bantal yang lembut dan terbuat dari bahan katun atau wol dan kedua bantal yang keras. Di awal minggu, badan kita cenderung lebih relaks, artinya kepala dan leher kita tidak membutuhkan sanggahan yang besar. Namun di tengah minggu, dengan banyaknya aktivitas dan pekerjaan yang membuat tubuh lebih cepat lelah dan stres, maka kepala dan leher pun membutuhkan sanggahan yang lebih. Jadi ada baiknya di awal minggu, gunakan bantal yang lembut, dan mulai pertengahan minggu gunakan bantal yang lebih keras.

medikalokaArtikel ini disponsori oleh Medikaloka dan telah diverifikasi oleh dr. Fiona Amelia, MPH, Compliance Care Coordinator di Medikaloka Healthcare.
Share Button