Pernahkah Anda hidup gali lubang tutup lubang? Gaji tak pernah bertahan lama di tabungan, sehari juga habis untuk bayar tagihan-tagihan. Waduh, bagaimana mau menabung dan berinvestasi kalau begitu caranya? Jika Anda hidup dalam kondisi seperti itu saat ini, maka keadaan keuangan Anda tidak sehat. Yuk, berubah!

1. Siapkan Dana Darurat
Langkah pertama adalah pisahkan rekening Anda dan mulai siapkan dana darurat di rekening yang berbeda. Setelah menerima gaji, transfer sebagian ke rekening dana darurat Anda. Hal ini dilakukan supaya Anda memiliki kesiapan finansial kalau sampai terjadi sesuatu di luar dugaan.

2. Alokasikan Pengeluaran Bulanan
Tentukan bujet pengeluaran per bulan Anda. Catat semua kewajiban yang harus Anda bayar, termasuk biaya hidup sehari-hari, seperti makan, jalan-jalan, dan lain-lain, lalu sisihkan sisanya sebagai tabungan. Hal ini dilakukan untuk membantu mengontrol pengeluaran bulanan Anda.

3. Lunasi Semua Tagihan
Jika Anda masih memiliki pinjaman, khususnya kartu kredit (karena bunganya cenderung sangat tinggi), prioritaskan untuk membayar lunas semuanya terlebih dahulu. Ingat bahwa bunga tabungan tidak sepadan dengan bunga kartu kredit Anda.

4. Asuransi Kesehatan
Pastikan Anda memiliki asuransi kesehatan. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, jangan sampai uang hasil kerja keras Anda habis begitu saja untuk biaya pengobatan yang sangat mahal. Lindungi tabungan Anda dari pengeluaran tersebut.

5. Asuransi Cacat Tetap Total
Mungkin seram kedengarannya, namun sekali lagi kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi. Asuransi tersebut biasanya ada 2 jenis, yaitu jangka pendek dan jangka panjang. Sifatnya akan meng-cover biaya yang timbul jika Anda tidak mampu bekerja kembali.

6. Asuransi Jiwa
Asuransi ini memang tidak ditujukan untuk Anda secara langsung tetapi untuk keluarga yang disayangi. Jika Anda menikah dan memiliki anak, maka asuransi tersebut sangat penting untuk melindungi keluarga Anda jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pastikan mereka terlindungi secara keuangan jika sampai ada hal buruk yang menimpa.

7. Asuransi Mobil dan Rumah
Selain diri, lindungi juga aset berharga Anda, seperti rumah dan mobil. Jika Anda masih menyewa rumah atau apartemen, maka asuransi ini ditujukan untuk melindungi barang-barang di dalamnya. Asuransi ini juga berguna untuk melindungi aset dari bencana alam dan kebakaran. Cek lingkungan tempat tinggal Anda jika Anda membutuhkan perlindungan, misalnya dari banjir.

8. Penghasilan Tambahan
Single atau berkeluarga, Anda juga perlu mempertimbangkan untuk memiliki penghasilan tambahan. Khususnya jika pekerjaan Anda saat ini cukup berisiko, misalnya pekerja lepas di mana penghasilan tergantung dari jumlah klien yang didapat dan biasanya tidak menentu. Coba pikirkan untuk memulai bisnis sampingan yang bisa memberi penghasilan tambahan, dan siapa tahu nantinya bisa berkembang menjadi penghasilan utama Anda.

Share Button