Banyak orang mengeluh tentang pekerjaan mereka. Kerja lembur, meeting sana sini, tugas kantor yang tak kunjung habis, bukan hanya menyita waktu kita, tetapi juga bisa bikin kita nggak enjoy lagi menjalaninya. Kalau dibiarkan kita bisa mengalami stres berat.

Cara paling sederhana untuk bisa dilakukan setiap harinya yaitu gunakan waktu makan siang untuk melakukan sesuatu yang sedikit fun.

Penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang bekerja terlalu lama dan sering lembur akan lebih sering mengalami stres di kemudian hari.

Penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang bekerja terlalu lama dan sering lembur akan lebih sering mengalami stres di kemudian hari, bahkan bisa mempengaruhi emosi kejiwaan.

Kami akan berikan tips sederhana bagaimana mengatasi masalah tersebut, agar kita bisa tetap enjoy bekerja.

1. Biasakan untuk memisahkan urusan pekerjaan dengan urusan pribadi. Jangan dicampur-aduk. Pastikan di hari kerja, kita bisa melakukan sesuatu yang fun walaupun cuma sebentar. Contohnya, beranjak dari meja kerja ketika waktu makan siang tiba.

2. Makan siang di luar kantor. Jangan biasakan untuk makan siang di balik meja. Tubuh kita perlu bergerak. Habiskan makan siang di luar kantor bersama rekan kerja, ataupun kalau beruntung kantor kita terkoneksi dengan mal, maka jam makan siang bisa juga digunakan untuk cuci mata sejenak.

3. Gym. Kegiatan tersebut, selain bisa merefresh pikiran, juga bisa membuat tubuh jadi lebih bugar. Cukup mengambil waktu makan siang kita selama 15-20 menit untuk berolahraga kecil, misalnya treadmill.

4. Tidur siang. Ini bukan berarti menunjukkan kita malas, tetapi tidur siang bisa me-recharge tubuh kita yang lelah barang sejenak. Cukup pejamkan mata selama 20 menit saja, itu sudah cukup untuk membuat kita bugar kembali.

5. Lakukan sesuatu yang membuat kita fun dan relax. Jika kantor berdekatan dengan taman, maka kita bisa berjalan di taman beberapa saat untuk menghirup udara segar.

Pada dasarnya berikan tubuh kita waktu untuk relax selama jam kantor. Jangan paksakan tubuh dan pikiran untuk bekerja terus-menerus tanpa jeda. Itu bisa membuat kita stress ujung-ujungnya.

Share Button