Flu dan Pilek Haruskah Selalu ke Dokter?

0 Comments - Mar 15, 2018

Kedua penyakit itu cukup rentan melanda, khususnya di saat musim hujan seperti ini. Flu, pilek, dan sinus yang kerap kali menghampiri tubuh kita ini, memunculkan pertanyaan, apakah wajib kita ke dokter setiap waktu? Biasanya obat yang paling manjur untuk kedua penyakit itu yaitu istirahat di rumah dan benar-benar mengistirahatkan tubuh.

Sebenarnya saya sakit apa?
Pilek, flu, sinusitis, atau malah bronkitis? Pertanyaan itu kerap kali muncul karena gejala penyakit tersebut hampir sama yaitu radang tenggorokan, batuk, banyak mengeluarkan ingus, sakit kepala, otot-otot tubuh terasa sakit, bahkan demam. Sebenarnya biang kerok dari semuanya itu cuma satu yaitu virus. Jadi biasanya dokter sering menyebut kelompok penyakit ini menggunakan sebutan yaitu Viral Infeksi Saluran Pernafasan Atas atau Viral URI. Sebagai aturan umum, biasanya pilek cenderung ringan namun gejalanya bisa berlangsung selama beberapa minggu, namun flu atau influenza, cenderung lebih parah namun gejalanya hanya berlangsung beberapa hari. Namun keduanya baik flu atau pilek dapat menyebabkan gejala sinus atau bronkitis.

Apakah saya perlu ke dokter?
Jika Anda mengalami sesak nafas, batuk yang parah, bahkan batuk darah, merasa sakit di beberapa bagian tubuh yang tidak wajar (seperti mata, telinga atau gigi), panas yang sangat tinggi (lebih dari 39 derajat celcius), mengalami masalah untuk menelan air putih, atau gejala apapun yang berlangsung selama lebih dari 2 minggu, maka segeralah ke dokter. Atau jika Anda memiliki masalah kesehatan lainnya, maka segeralah membuat janji dengan dokter agar dapat diperiksa lebih jauh. Namun, jika Anda tidak mengalami masalah itu semua, cukup dengan beristirahat di rumah.

Apa yang harus saya lakukan agar cepat pulih?
Tidur : Senjata terbaik untuk melawan virus yaitu dari kekebalan tubuh Anda sendiri, yang mana akan bekerja maksimal ketika kita tidur. Cobalah untuk tidur kurang lebih 10 jam dalam sehari.

Minum air putih : Tanpa air, kekebalan tubuh kita tidak dapat bekerja dengan baik. Apalagi ketika Anda berkeringat, menghela nafas panjang, dan membuang ingus setiap 30 detik sekali, maka Anda beresiko mengalami dehidrasi. Cobalah untuk banyak minum air putih. Tanda jika Anda sudah minum cukup air yaitu air kencing akan berwarna jernih dan bukan kuning.

Hindari stress pada sistem kekebalan tubuh : Jangan merokok (ataupun menjadi perokok pasif), minum minuman beralkohol, berolahraga secara berlebihan, ataupun kerja lembur. Hal-hal tersebut akan memperlama sakit Anda.

Kebanyakan infeksi pada saluran pernafasan atas tidak mempan jika diberikan antibiotik. Jadi jangan sembarangan meminum antibiotik. Antibiotik biasanya untuk membunuh bakteria dan bukan virus. Lakukan hal-hal di atas ditambah dengan meminum paracetamol atau ibuprofen. Jika sakit berlanjut, hubungi segera dokter Anda.

 

Sumber : http://www.onemedical.com/blog/all-cold-flu/colds-flus-and-sinus-infections-do-you-need-an-appointment/

Leave a Reply
Comments
No Comments