Cara Kreatif untuk Membuat Anda Unik dalam Dunia Kerja

0 Comments - Mar 16, 2018

Faktanya adalah, jumlah orang yang mencari pekerjaan melampaui jumlah lowongan yang ada. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan untuk membuat Anda unik dan berhasil mendapat pekerjaan? Simak di sini jawabannya.

Perusahaan mencari dua hal untuk mengesankan mereka: bukti yang jelas bahwa Anda adalah orang yang tepat, dan indikasi bahwa Anda dapat memberikan mereka sesuatu yang baru, baik keahlian maupun ide. Nah, membuat diri Anda unik di antara yang lain merupakan hal yang sangat penting untuk menempatkan diri Anda di depan.

Langkah pertama adalah fokus pada hal-hal yang membuat Anda unik. Apa nilai tambah yang bisa Anda tawarkan pada perusahaan untuk menyabet posisi yang Anda lamar? Mungkin Anda bisa menganalisisnya dari penilaian diri yang pernah Anda buat, pujian yang sering diberikan oleh rekan kerja atau atasan Anda di kantor lama, atau hal-hal yang membuat Anda bergairah untuk mengerjakannya.

Menemukan keunikan Anda
Keunikan Anda berasal dari kemampuan yang Anda miliki. Secara umum, kemampuan Anda dapat dikategorikan menjadi tiga hal:

1. Kemampuan teknis
Keahlian dan pengalaman yang dibutuhkan untuk tipe pekerjaan yang Anda cari. Misalnya, keahlian menangani program atau platform untuk bidang IT.

2. Kemampuan yang fleksibel
Kemampuan yang bisa Anda pergunakan dalam bidang pekerjaan apa saja. Misalnya, kemampuan untuk berkomunikasi atau manajemen waktu dan proyek.

3. Kelebihan positif
Kemampuan yang menjadi ciri khas positif Anda. Misalnya, Anda tak pernah ketinggalan deadline, selalu ingin belajar, atau memiliki sikap yang gigih.

Nah, bisakah Anda menemukan hal-hal unik dari kemampuan Anda?

Melamar dengan cara yang unik
Setelah menemukan keunikan yang Anda miliki, Anda tak akan kesulitan untuk merancang CV dengan konten yang menarik. Sekali lagi, membuat diri Anda unik di antara yang lain merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan salah satu cara berikut ini agar perusahaan yang Anda lamar bisa mendapat kesan yang tak terlupakan.

1. Membuat lamaran dalam bentuk fisik
Lamaran yang dikirim melalui e-mail akan sulit menonjol di antara puluhan hingga ratusan baris e-mail lainnya, sedangkan lamaran yang dikirim secara fisik dan unik pastinya akan menarik perhatian. Cara ini kerap dilakukan oleh orang-orang di bidang periklanan, desain, atau marketing. Tapi, bukan berarti cara ini tak bisa dilakukan oleh orang-orang di bidang lainnya. Anda seorang akuntan? Kirimkan lamaran Anda dalam boks berisi koin-koin emas berisi cokelat. Bekerja di bidang katering? Cetak lamaran Anda pada serbet yang dibentuk dengan cantik. Anda seorang pengacara? Demonstrasikan keahlian Anda di video dan kirim dalam bentuk DVD. Jadi, tunjukkan cara kreatif yang berhubungan dengan profesi Anda.

2. Memberikan kontribusi untuk perusahaan yang Anda lamar
Perusahaan akan mempekerjakan seseorang dengan harapan bahwa orang tersebut akan memberikan kontribusi terhadap perusahaan. Tapi, bagaimana jika Anda memberikan kontribusi bahkan sebelum memulai kerja? Coba cari tahu apa saja yang dapat Anda tingkatkan atau kembangkan dari perusahaan yang Anda lamar. Beri penjelasan, demonstrasi, atau aplikasikan secara langsung saat Anda melamar. Tak diragukan lagi mereka akan melihat potensi Anda dan mengajak Anda untuk bekerja bersama mereka.

3. Buat perusahaan yang melamar Anda
Daripada capek-capek mengirim lamaran ke berbagai perusahaan, kenapa tidak menjadikan Anda target yang dicari oleh perusahaan? Dengan kata lain, Anda mempromosikan diri agar perusahaan-perusahaan menyadari kehadiran Anda. Misalnya, rancang flyer atau poster berisi keahlian-keahlian unik Anda dan tulisan “Dicari: perusahaan yang membutuhkan keahlian…” Dengan begitu, Anda tak perlu lagi mencari perusahaan-perusahaan yang ingin dilamar, tapi perusahaan-perusahaanlah yang mencari dan melamar Anda.

Memperlihatkan keunikan Anda saat wawancara
Saat Anda dipanggil untuk wawancara, jangan lupa untuk memberikan contoh-contoh relevan yang memperlihatkan bahwa keunikan Anda mampu membuahkan hasil atau menyelesaikan masalah dalam pekerjaan. Misalnya, berkat sikap Anda yang gigih, Anda berhasil mendapatkan klien yang perusahaan lain gagal dapatkan. Kemukakan contoh-contoh spesifik dari keunikan yang Anda miliki.

Selanjutnya adalah mengajukan pertanyaan yang tepat tentang pekerjaan atau perusahaan pada pewawancara. Pertanyaan Anda pun harus unik agar dapat menarik perhatian pewawancara. Misalnya, apa yang perusahaan harapkan Anda capai dalam jangka waktu 2-3 bulan pertama kerja? Ajukan pertanyaan yang memperlihatkan bahwa Anda inovatif dan antusias.

Perusahaan mencari dua hal untuk mengesankan mereka: bukti yang jelas bahwa Anda adalah orang yang tepat, dan indikasi bahwa Anda dapat memberikan mereka sesuatu yang baru, baik keahlian maupun ide. Yuk, tampilkan keunikan Anda dan tempatkan diri Anda di depan!

Leave a Reply
Comments
No Comments