5 Pemicu Kreativitas dalam Berpikir

0 Comments - Mar 16, 2018

Spesifik namun sederhana, berpikir kreatif merupakan salah satu hal yang perlu dikuasai untuk mencapai kesuksesan. Tak perlu khawatir, 5 tips ini dapat mendorong kreativitas Anda dalam berpikir yang lama-kelamaan akan tertanam menjadi kebiasaan.

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memicu kreativitas adalah dengan bekerja sama. Menantang satu sama lain untuk membangun ide bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus meningkatkan kebersamaan antarkaryawan. Kreativitas dihasilkan dengan menjelajah, berkolaborasi, dan mendorong batas kenyamanan. Hal ini mungkin tak bisa terjadi di meja Anda sendiri.

1. Sediakan waktu untuk merenung.
Salah satu cara paling efisien – dan sederhana – untuk memicu kreativitas adalah dengan memberikan waktu dan ruang untuk berpikir. Dengan cara ini, pikiran kreatif mendapat kesempatan untuk “berkembang biak” dan menghasilkan inovasi. Matikan gadget-gadget sesaat sehingga Anda memiliki waktu tanpa gangguan untuk berpikir, menulis, atau melakukan hal-hal yang perlu Anda lakukan secara efektif. Namun, merenung bukan berarti Anda harus diam dan tak melakukan apa-apa lho. Kegiatan seperti jogging atau mandi bisa jadi kesempatan untuk membiarkan pikiran Anda mengembara dan menemukan jawaban yang Anda butuhkan.

2. Keadaan yang nyaman tak selalu menguntungkan.
Kadang, kita harus berada dalam tekanan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Tak heran jika inspirasi biasanya datang ketika menjelang deadline. Oleh karena itu, jika menurut Anda keadaan belum optimal, buat menjadi optimal dengan menciptakan “tekanan” positif yang akan memotivasi Anda untuk berpikir kreatif.

3. Impian besar, pencapaian besar.
Anything is possible – ya, kan? Inspirasi merupakan pemicu kreativitas yang mengajak kita untuk mengeksplor segala kemungkinan. Tanyakan pada diri sendiri: apa impian Anda? Jangan ada batasan. Jangan berpikir bahwa itu adalah hal yang gila – karena kreativitas dan kegilaan memiliki batasan yang tipis. Pemikiran dan impian besar ini merupakan perspektif yang akan menggiring Anda ke pencapaian yang Anda inginkan.

4. Merasa terperangkap? Yuk, ubah rutinitas.
Melakukan kegiatan yang sama setiap hari merupakan hal yang buruk untuk kreativitas. Makanya, menyelipkan hal-hal baru dalam rutinitas akan memicu pikiran-pikiran baru. Jika rutinitas Anda adalah duduk di depan komputer di kantor seharian, mungkin Anda bisa mengusulkan kantor untuk membuat ruang kreatif. Bekerja di lingkungan yang mendukung tentunya akan mendatangkan energi kreatif, memperluas perspektif, dan membuat kita berpikir dengan cara yang berbeda.

5. Bekerja sama dapat menantang kreativitas satu sama lain.
Menghasilkan suatu konsep dan ide sendiri mungkin adalah suatu hal yang membanggakan, namun menghasilkan konsep dan ide bersama-sama akan mengembangkan kreativitas. Menantang satu sama lain untuk membangun ide bisa menjadi hal yang menyenangkan sekaligus meningkatkan kebersamaan antarkaryawan. Bahkan, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk berinteraksi dengan orang yang berada di kota lain, bahkan benua lain. Kreativitas dihasilkan dengan menjelajah, berkolaborasi, dan mendorong batas kenyamanan. Hal ini mungkin tak bisa terjadi di meja Anda sendiri.

Yuk, jangan takut untuk melakukan tindakan yang diperlukan untuk mencapai apa yang Anda inginkan – meski kadang awalnya tak nyaman. Menjadi seseorang yang kreatif mungkin menakutkan dan menantang. Tapi, siapa bilang sukses itu gampang?

Leave a Reply
Comments
No Comments