Rekomendasi Indoor Plants untuk Segarkan Suasana Ruang Kerja saat Work From Home

rekomendasi indoor plant0

Ketika menjalani work from home (WFH), area kerja yang akan kita gunakan tentu harus tertata dengan baik. Sebab, perubahan lokasi bekerja dari yang semula di kantor ke rumah bisa mempengaruhi tingkat produktivitas kita. WFH juga bisa memicu kurangnya inspirasi dan ide, especially if we love the outdoors. Supaya enggak sumpek dan tetap produktif, kita bisa lho menambahkan tanaman hias di area meja kerja, sesuai rekomendasi indoor plant.

Menambahkan tanaman hias di meja kerja juga bisa meningkatkan kelembaban, menghilangkan racun di udara, serta menciptakan suasana menenangkan. Eits, tapi kamu tak bisa sembarangan memilih tanaman hias untuk diletakkan di area meja kerja.

Pastikan tanaman hias yang kamu pilih bisa hidup di dalam ruangan yang minim sinar matahari. Kira-kira, rekomendasi tanaman apa saja yang bisa digunakan untuk menghias area kerja? Berikut rangkuman selengkapnya:

1. Sirih Gading
Rekomendasi indoor plant untuk area kerja yang pertama adalah sirih gading. Tanaman yang tumbuh merambat ini sering dijadikan sebagai hiasan di rak buku atau dinding polos.

Tak cuma berfungsi untuk menghias ruangan, sirih gading juga dapat membersihkan udara di sekitarnya, lho. Tanaman ini pun cenderung tak rewel dan mudah dirawat. Bahkan, ia bisa ditanam menggunakan media air.

2. Succulent
Tanaman mungil yang satu ini juga bisa menjadi pilihan untuk menghias meja kerjamu, lho. Dengan ukuran mungilnya, succulent tentu tak akan makan banyak tempat. Bentuknya pun bervariasi, sehingga kamu bisa memilih mana yang paling cocok dengan seleramu.

Pada dasarnya, succulent mirip seperti kaktus yang tak membutuhkan perawatan khusus seperti penyiraman secara rutin atau pemberian pupuk. Another plus side, succulent juga bisa melepaskan oksigen di area kerjamu, membuat suasana jadi lebih positif.

3. Lidah buaya
Do you know, ternyata area tertutup lebih rentan mengandung banyak polutan udara ketimbang area outdoor, lho. Hal ini disebabkan karena sirkulasi udara yang lebih minim. Untuk itu, kamu bisa menambahkan tanaman hias di area kerja yang juga berfungsi menyaring udara yang kotor. Salah satunya, yakni lidah buaya.

Letakkan lidah buaya di sudut area kantor, atau bila ukurannya kecil, kamu bisa menaruhnya di meja kerja. Bila terlihat bintik cokelat atau hitam pada daun lidah buaya, tandanya area kerjamu punya tingkat polutan yang sangat tinggi.

4. Pakis
Ruangan kerja terasa gerah dan sumpek? Coba tambahkan tanaman pakis sebagai hiasan. Pakis adalah salah satu tanaman yang mampu membersihkan udara dan membuat ruangan menjadi lembab. Bukan itu saja, tanaman ini juga bisa menyaring polutan dalam ruangan, sehingga udara jadi lebih bersih.

5. Sansevieria
Sansevieria yang juga dikenal dengan nama lidah mertua merupakan salah satu pilihan tepat untuk menghias area kerja. Dengan tampilannya yang unik dan menarik, sanseviera bisa memberikan stimulus visual di area kerjamu.

Tanaman ini sejatinya memiliki berbagai variasi ukuran, ada yang mungil, ada juga yang besar. Sansevieria juga sangat cocok untukmu yang baru merawat tanaman hias karena sangat tangguh. Ia bisa bertahan selama satu bulan tanpa air dan di kondisi yang minim cahaya.

Itulah beberapa rekomendasi tanaman hias untuk area kerja. Tentunya dengan adanya tambahan tanaman hias, area kerjamu terasa makin segar, WFH pun tetap lancar.

Related Posts