Asupan Alami Makanan Penurun Kolesterol

0 Comments - May 28, 2019

Oleh dr. Karina Marcella Widjaja

Seperti yang kita ketahui, kolesterol banyak ditemui pada makanan yang sering anda makan. Hampir semua makanan memiliki kadar kolesterol yang beragam. Tentunya, kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu timbulnya penyakit-penyakit lain. Selain berumur panjang, tentunya anda juga tetap ingin mengkonsumsi makanan yang enak tapi sehat, bukan? Oleh karena itu sebaiknya anda juga mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Apa saja sih makanan alami yang dapat menurunkan kolesterol?

 

Golongan Sayur dan Buah

Buah-buahan (apel, stroberi, jeruk, belimbing, anggur, alpukat) dapat menurunkan kadar kolesterol darah karena mengndung serat larut yaitu serat yang larut dalam air dan bersifat mudah dicerna. Sayur-sayuran (brokoli, tomat, kembang kol, wortel dan sayuran hijau) juga dapat menurunkan kolesterol darah karena mengandung serat tidak larut. Serat larut dalam usus halus membentuk gel yang mengikat lemak, kolesterol dan asam empedu. Akibatnya, asam empedu di dalam hati berkurang. Selain mengandung serat larut dan tidak larut, buah-buahan dan sayur-sayuran tersebut banyak mengandung vitamin C, di mana vitamin C berperan dalam meningkatkan metabolisme kolesterol yang dibuang dalam bentuk asam empedu.

 

Teh Hijau

Temuan terbaru mengungkapkan minuman ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), meski hanya sedikit. Hal ini bisa menjelaskan mengapa kebiasaan minum teh hijau berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Bahan aktif yang berperan dalam menurunkan kolesterol diduga adalah katekin yang akan mengurangi penyerapan kolesterol di usus. Meski memiliki manfaat penurunan kolesterol namun para ahli mengingatkan bahwa efek penurunannya sangat kecil. "menurut si peneliti, minum teh hijau tidak bisa dianjurkan untuk pasien yang sudah terlanjur memiliki kolesterol tinggi.”

 

Ikan Laut

Ikan laut (tuna, tenggiri, bawal, kembung (ikan yang hidup di kedalaman lebih dari 400 meter) biasanya mengandung asam lemak omega-3 lebih tinggi. Terhadap kolesterol total, omega-3 ini dapat menurunkan, tetapi kadang-kadang tidak berpengaruh sama sekali. Perlu diingat, asam lemak omega-3 ini tidak tahan terhadap suhu tinggi, sehingga bila ikan dimasak dengan cara digoreng atai dimasak maka kandungan omega-3 mudah menguap. Oleh karena itu lebih baik mengolah ikan dengan ditim, sehingga asam lemak omega-3 tidak hiang. Selain itu omega-3 jika dipanaskan akan berubah menjadi asam lemak trans yang justru akan membahayakan kesehatan.

 

Bawang Putih

Bawang putih mengandung allisin yang berfungsi sebagai antioksidan, yang bermanfaat untuk menangkal senyawa radikal bebas sehingga dapat melindungi kerusakan membran sel, dan dinding pembuluh darah.

Berikut diatas merupakan paparan asupan-asupan alami yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itu sebaiknya anda mengindari terlalu banyak makan junk food yang biasanya tinggi kalori, garam, dan lemak. Anda juga harus mengurangi makanan seperti lemak sapi, kambing, makanan bersantan dan goreng-gorengan. Lebih baik banyak makan ayam, ikan atau putih telur sebagai pengganti daging. Juga makan lebih banyak protein nabati seperti kacang-kacangan, tahu. Sebaiknya sering mengkonsumsi asam lemak tak jenuh ganda seperti asam lemak omega-3 yang banyak terdapat pada ikan terutama ikan laut (salmon, tuna, dll), serta asam lemak omega-6 secukupnya seperti pada minyak kedelai, minyak jagung. Dianjurkan sedikitnya mengkonsumsi ikan 2 kali per minggu. Banyak mengkonsumsi makanan mengandung serat dan antoksidan seperti pada sayur-sayuran dan buah-buahan untuk menurunkan kadar kolesterol anda.

Untuk pengolahan bahan alami yang baik adalah dipepes, dikukus, dipanggang, dibakar, ditumis dan direbus. Anda sebaiknya menurangi pengolahan dengan digoreng, atau dengan pemberian santan untuk mengurangi kadar kolesterol yang ada di dalam makanan.

Leave a Reply
Comments
No Comments