Daya tahan rendah, hati-hati penyakit infeksi

0 Comments - Jun 17, 2019

Balita rentan terhadap penyakit-penyakit infeksi salah satunya adalah menyakit meningitis (radang selaput otak) yang banyak terjadi sekarang ini. Apa itu meningitis? Menurut studi, meningitis adalah suatu peradangan dari selaput-selaput otak (yang disebut meningen), yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. 

Jangan sepelekan penyakit ini. Bakteri penyebab ini adalah Pneumococcus. Bila daya tahan sedang rendah, bakteri tersebut yang berasal dari tenggorokan mengalir ke darah, seluruh tubuh, dan otak. Bila sudah menemukan gejala-gejala seperti demam tinggi, kejang, penurunan kesadaran ditandai penurunan respons terhadap rangsangan, harus waspada dan segera konsultasi kepada dokter.

Tidak hanya bayi atau balita, tetapi orang dewasa juga bisa terkena penyakit ini. Penularan biasa melalui udara dan pertukaran dari pernapasan.

Bagaimana sih untuk pencegahannya? Kita harus menjaga daya tahan tubuh kita dengan cara konsumsi vitamin C, nutrisi yang cukup, makanan yang bergizi seimbang, pola hidup sehat (kurangi rokok, alkohol, dan rajin berolahraga), hindari polusi, pakai masker bila berada pada lingkungan tidak bersih, dan hindari mencium bayi / balita bila sedang tidak sehat. Perhatikan juga riwayat vaksinasi yang dilakukan sejak bayi. Yang terpenting adalah vaksinasi Pneumococcus untuk pencegahannya.

Mari kita jaga tubuh kita, agar tidak rentan terhadap penyakit, karna sehat itu mahal harganya. : )

 

 

Leave a Reply
Comments
No Comments