Cegah Sakit Saat Berlibur

0 Comments - Jun 24, 2019

Liburan sekolah telah tiba, biasanya momen ini merupakan momen untuk berlibur sekeluarga. Nah, sebelum berangkat berlibur, pastikan dulu anda membawa peralatan medis untuk berjaga-jaga. Kenapa sih harus membawa peralatan medis tersebut? Karena saat liburan bisa saja timbul penyakit yang tentunya tidak diinginkan.

Setiap orang sangat memerlukan Daftar Obat untuk perjalanan dan checklist ketika berlibur dan bepergian. Walau hanya sekedar libur akhir pekan maupun libur panjang, jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi, karena belum tentu semua tempat liburan yang dikunjungi memiliki apotik atau obat-obatan yang biasa kita minum, terlebih bagi yang memiliki obat rutin untuk dikonsumsi tiap harinya.

Tips-tips yang dapat diberikan saat akan berlibur:

  1. BUAT JANJI DENGAN DOKTER UNTUK MEDICAL CHECK UP

Sebelum pergi liburan, ada baiknya untuk melakukan Medical Check Up terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi tubuh kita saat bepergian jauh. Medical Check Up dapat berupa pemeriksaan fisik dokter, check laboratorium, dan pemeriksaan lainnya. Tanyakan juga bila dalam kondisi tertentu seperti hamil apakah masih diperbolehkan bepergian terutama bila naik pesawat, alergi, asma, obat-obat apa sajakah yang baiknya dibawa saat berlibur.

  1. VAKSINASI

Yuk vaksinasi dulu sebelum bepergian untuk menjaga kesehatan dan mencegah terhindar dari penyakit. Sebelumnya tanyakan dahulu kepada dokter vaksinasi apa yang perlu diberikan.

  1. MAKAN DAN MINUM YANG CUKUP

Hal yang kadang-kadang sering disepelekan ataupun dilupakan padahal merupakan hal yang krusial adalah minumair. Air bersih yang aman seperti air botol adalah yang terbaik saat berlibur. Jangan sampai terkena dehidrasi ya! Siapkan selalu botol minum dalam tas anda saat pergi berlibur.

  1. BUAT CHECKLIST OBAT-OBATAN

Buat checklist obat-obatan apa saja yang akan dibawa saat berlibur yang menurut dokter perlu dibawa. Apalagi bagi anda yang memiliki obat rutin harian, riwayat asma sehingga membutuhkan inhaler, dan memiliki riwayat alergi atau penyakit lain.

Nah ini dia, Medikaloka punya sesuatu yang baru yang dapat menemani anda dalam setiap perjalanan, yaitu Travel Medical Pack.

Travel Medical Bag ini sangat praktis karena bentuknya yang tidak terlalu besar, tentunya dapat selalu dibawa kemana-mana, baik ketika bepergian sendiri, tugas kantor, maupun liburan panjang.

Ingat,  selalu membawa travel Medical Bag ini di tas anda ya.

Travel Medical Bag ini tidak hanya berisi obat-obatan saja tetapi juga berisi sarana P3K yang simple dan dapat dibawa kemana-mana. Simpan didalam tas anda, jangan sampai peralatan medis ini tertinggal. Jangan lupa untuk tetap tanyakan kepada dokter pribadi anda bila ingin menggunakan obat-obatan ini bila ragu. Dokter akan siap menjelaskan setiap medikasinya.

Apa saja sih obat-obat yang harus diperhatikan saat berlibur?

Antiseptik (Larutan Povidone Iodine)

Untuk disinfektan luka.

Kassa steril

Untuk menutup dan membersihkan luka.

Plester luka

Untuk menutup luka saat tergores atau bila ada luka yang terbuka.

Minyak kayu putih

Untuk memberikan rasa hangat dan nyaman pada kulit terutama di bagian yang sakit.

Lotion anti nyamuk

Untuk menghindari gigitan nyamuk berbahaya.

Salep anti nyeri

Untuk meredakan nyeri.

Obat penurun demam

Untuk meredakan demam.

Obat diare

Untuk mencegah terjadinya diare.

Obat mabuk perjalanan

Agar terhindar dari mabuk apalagi saat perjalanan jauh.

Obat maag

Bagi yang memiliki riwayat maag sangat penting.

Obat alergi

Untuk mengurangi gatal-gatal dan bagi yang memiliki alergi serta jangan lupa untuk menghindari paparan benda asing.

Obat flu dan batuk

Untuk membantu meringankan gejala flu dan melawan virus.

Obat tetes mata

Untuk mencegah mata terasa kering sehingga mengganggu kenyamanan penglihatan.

Vitamin C

Untuk menjaga daya tahan tubuh agar stamina tetap terjaga.

Itulah obat-obatan yang penting untuk dibawa saat liburan untuk seluruh keluarga. Selamat berlibur! Salam sehat :)

Leave a Reply
Comments
No Comments