Jangan Sepelekan TB Paru

0 Comments - Jun 24, 2019

Menurut Konsensus, Tuberkulosis (TB) merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting di dunia ini. Bahkan TB masih menjadi penyakit infeksi penyebab kematian nomor satu di Indonesia. Yang akan dibahas disini adalah penyakit TB paru. Apa sih TB paru itu? Kadangkala kita sering mendengar penyakit flek paru, nah itu adalah penyakit infeksi TB paru. Namun penyakit TB ini tidak hanya menyerang paru-paru lho, infeksinya dapat menyerang organ lain dengan gejala yang kadangkala berbeda-beda sesuai organ. Berdasarkan keilmuan, Tuberkulosis ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi Mycobacterium tuberculosis. Jangan salah, banyak orang yang menyepelekan penyakit ini padahal efeknya dapat berbahaya lho. Penyakit ini dapat menular dari udara, contoh saat batuk maupun bersin lalu kemudian dihirup oleh orang lain yang kebetulan daya tahan tubuhnya sedang rendah.

Untuk mengetahui penyakit TB, terdapat gejala yang dibedakan menjadi 2 golongan. Anda harus pastikan apakah ada gejala-gejala ini atau tidak, yaitu:

 

Gejala berdasarkan organ:

  • Batuk-batuk lebih dari 2 minggu
  • Batuk berdarah
  • Nyeri dada

 

Gejala lain:

  • Demam
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Mual dan muntah
  • Keringat malam
  • Tidak nafsu makan
  • Sering merasa lemas

 

APA YANG HARUS DILAKUKAN?

Bila merasakan gejala-gejala seperti itu, ada baiknya konsultasi ke dokter apakah memang benar terdiagnosa penyakit TB paru. Pemeriksaan yang utama adalah pemeriksaan fisik doker yang kemudian akan dicheck dahak, laboratorium darah, dan foto ronsen paru. Lebih baik penanganan yang cepat dan tepat dibandingkan menunggu sampai gejala menjadi semakin parah.

 

PENYAKIT TB BISA SEMBUH

Jangan menyerah dahulu bila terdiagnosa penyakit TB. Penyakit TB juga bisa sembuh asalkan minum obat yang rutin selama 6 bulan. Anda juga harus rajin control ke dokter untuk kembali meminum obat tersebut. Bila ada keluhan lain seperti badan menjadi kuning, gatal-gatal, atau alergi segera datang ke dokter karena itu merupakan salah satu efek samping dari pengobatan TB. TB paru ini baru akan mati setelah 6 bulan pengobatan sesuai dengan dosis yang dianjurkan dokter.

 

APAKAH TB BISA KAMBUH?

Sebenarnya memang bakteri TB ini masih bisa menetap di dalam tubuh namun melemah. Jika anda lalai meminum obat, bakteri-bakteri yang tidur ini akan terbangun dan kembali menguat apalagi bila ditambah kondisi kita yang sedang tidak fit, maka kondisi tubuh kita akan menjadi lebih buruk. Oleh karena itu beberapa kasus menunjukkan terjadinya kekambuhan pada TB karena terjadinya komplikasi dari infeksi TB tersebut, namun ada juga yang mengalami sembuh total.

 

PENCEGAHAN

Nah untuk pencegahan dari penyakit ini agar tidak tertular adalah menutup mulut saat batuk dan bersin karena seperti yang telah disebutkan diatas ahwa penyakit TB dapat menular lewat udara, makan makanan yang bergizi seimbang agar tidak mudah terkena penyakit, hindari kontak langsung yang rutin terhadap orang dengan penyakit TB, jangan buang ludah sembarangan karena dapat menular, buka jendela dan perhatikan ventilasi udara agar tetap terjaga dengan baik, dan jangan lupa jaga kesehatan agar tubuh tetap berstamina dan terhindar dari infeksi.

Leave a Reply
Comments
No Comments