Skip makan pagi, atau skip makan malam?

0 Comments - Jul 15, 2019

by Dr. Karina Marcella Widjaja

Siapa yang tidak pernah dengar tentang kebiasaan diet seseorang dengan cara melewati makan pagi ataupun makan malam sama sekali? Saat sini siapa yang tidak ingin punya badan bagus dan ideal? Nah, kadangkala sering terjadi salah persepsi dimana bila mengurangi waktu makan dapat membuat tubuh kita kurus. Menurut penelitian, skip makan pagi dapat menyebabkan pembentukan enzim lipase di dalam tubuh terhambat, sedangkan kita memerlukan enzim tersebut untuk memecah lemak. Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh peneliti asal Bath dan Nottingham, mereka yang kelebihan berat badan memiliki respons lebih rendah terhadap insulin. Akibatnya, gula darah mereka jadi cenderung lebih tinggi. Makan pagi justru menjadi penting untuk mereka yang obesitas karena membantu merespons insulin lebih baik.

Makan pagi juga dapat memberikan energi bagi kita terlebih jika akan melakukan aktivitas kemudian. Bila tidak makan pagi, badan akan terasa lemas dan tidak berenergi, untuk berkonsentrasi pun lebih sulit. Bila skip makan pagi, kandungan lemak yang kita makan saat siang hari tidak dapat dipecah dengan baik oleh enzim tersebut.

Namun, apakah bedanya dengan skip makan malam? Ternyata sama saja, karna sama sama berhubungan dengan enzim lipase. Makan dekat waktu tidur memang sangat buruk untuk kesehatan dan berat badan, tapi bukan berarti kita harus melewati makan malam .

Jadi lebih memilih skip makan pagi atau makan malam? Lebih baik tidak dua-duanya. Sebaiknya tetap makan 3 kali sehari pagi, siang, dan malam tentunya dengan makan yang sewajarnya, dengan kalori yang tetap terkontrol.

Yuk hidup sehat dengan tetap makan teratur!

Leave a Reply
Comments
No Comments