Keseleo ? Apa yang harus dilakukan ?

0 Comments - Jul 15, 2019

Berolahraga adalah sebuah kewajiban yang secara rutin dilakukan banyak orang, tidak hanya sebagai sarana untuk membuat badan menjadi lebih sehat namun juga olahraga sudah masuk menjadi lifestyle masyarakat daerah perkotaan. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan saat kita berolahraga bisa terjadi hal-hal yang tidak diharapkan seperti cidera terutama keseleo.

Ada lho beberapa hal yang bisa kita lakukan sebagai pertolongan pertama apabila kita terkena keseleo ataupun teman kita berolahraga yang tiba-tiba keseleo. Berikut caranya:

  1. REST (Istirahat)

Istirahatkan daerah yang terkilir atau keseleo. Jangan menggerak-gerakkan atau menekan-nekan sendi keseleo apalagi memaksanya untuk berjalan atau memberinya beban.

 

  1. Ice (Es)

Tempelkan (kompres) Es selama 15 menit setiap jam pada sendi yang terkilir. Jangan pernah menaruh es langsung pada kulit karena dapat merusak kulit. Oleh karena itu gunakan kain tipis untuk melapisinya. Kompres es ini akan mengurangi rasa sakit dan memar.

 

  1. Compression (Penekanan)

Beri pelindung atau membungkus sendi dengan perban elastis pada sekitar sendi atau pergelangan. Hal ini berfungsi untuk meminimalkan peradangan, menyangga daerah tersebut, dan memberikan rasa nyaman. Balutan harus mantap, namun tidak boleh terlalu kencang agar tidak sampai menganggu aliran darah. Lama proses compression ini bisa 1-2 hari jika ringan atau bahkan bisa 2 minggu jika tergolong keseleo yang berat.

 

  1. Elevation (Peninggian)

Tinggikan anggota gerak yang keseleo lebih tinggi dari jantung, hal ini akan mengurangi atau meminimalkan pembengkakan. Misalnya ketika keseleo pergelangan kaki maka katika berbaring ganjal kaki dengan bantal sedemikian rupa sehingga lebih tinggi dari dada.

Apabila cidera tidak kunjung membaik, konsultasikan ke dokter apakah ada cidera yang lebih parah seperti dislokasi tulang atau fraktur (patah). Selamat berolahraga !

Leave a Reply
Comments
No Comments