Ketika Otak Masih Belum “Move On” dari Liburan

0 Comments - Jan 03, 2020

Setelah libur panjang emang bikin hati dan pikiran lebih fresh dan happy. Tapi percaya atau tidak, ga sedikit loh yang justru malah mengalami depresi setelah liburan panjang. Kok bisa ya? Kalau kamu salah satunya, mungkin kamu mengalami gejala sindrom ini, Post Holiday Blues.

Post Holiday Blues Syndrome merupakan gejala dimana otak “kaget” karena harus memulai rutinitas kembali setelah liburan panjang. Ga cuman kamu aja yang susah move on, tapi otak kamu juga. Otak kamu masih belum bisa “merelakan” kenangan-kenangan menyenangkan yang direkamnya selama liburan, sehingga hal ini justru bikin kamu sedih, stress dan belum rela untuk memulai kegiatan kamu kembali.

But life must go on, right?  Kalau kamu mengalami sindrom ini, berikut tips supaya awal kegiatan di awal tahun ini bisa kamu taklukan:

  1. “Cicil” adaptasi dengan aktif di rumah

Liburan jadi pembalasan dendam bersantai setelah penatnya beraktivitas dan terbawa hingga liburan usai. Melakukan kegiatan menyenangkan dirumah seperti fitness, bersepeda keliling kompleks, membersihkan rumah dan menata ulang property rumah bisa “mencicil” adaptasi kamu dari mode liburan ke mode siap untuk beraktivitas kembali. Memajang pajangan yang dibeli selama liburan juga jadi satu hal efektif untuk menciptakan kebahagiaan secara emosional.

  1. Alihkan dengan mencoba hobi baru

     Pengalaman yang kamu dapatkan selama liburan juga bisa membuka mata tentang hobi yang asyik untuk kamu lakukan. Misal, coba belajar memasak resep makanan dari tempat yang kamu kunjungi, atau belajar Bahasanya.

  1. Perbanyak bergaul

     Harus kembali ke kenyataan untuk rutinitas sehari-harimu memang bikin mood jadi turun, jadi penting untuk kamu punya kegiatan sosial yang menyenangakan, missal lakukan hang out dengan sahabat-sahabat kamu. Menurut psikolog perkembangan di Melbourne, Stepahie Lau, tetap sibuk dalam hal yang menyenangkan bisa mengalihkan pikiran negatif yang bikin malas untuk melanjutkan kegiatanmu.

 

Leave a Reply
Comments
No Comments