WUHAN VIRUS ALERT! : What You Need to Know

0 Comments - Jan 24, 2020

Bukan hanya di China, sejumlah negara lain juga dilaporkan telah terjangkit virus ini. Berikut sejumlah kasus virus corona jenis baru: China: 544 kasus yang dikonfirmasi, Thailand: 2 kasus, Jepang: 1 kasus, Korea Selatan: 1 kasus, AS: 1 kasus, Singapore: 1 kasus. Akibat penyebaran virus ini pihak berwenang China akan menutup Kota Wuhan, dan membatalkan semua jalur transportasi.

Coronavirus atau virus corona menjadi masalah kesehatan dunia diawal tahun 2020. Menurut CDC (Centers for Disease Control & Prevention) virus tersebut dideteksi pertama kali di Wuhan, Provinsi Hubei, China dan terus menyebar sampai sekarang. Berikut beberapa hal yang harus kita ketahui mengenai Coronavirus:

1. Apa Itu Coronavirus ?

Coronavirus adalah virus yang pertama kali ditemukan pada hewan. Menurut CDC, Virus tidak hanya menyebar antar hewan tapi juga kemanusia

Virus memiliki kesamaan dengan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle East Respiratory Syndrome)

2. Gejala Cornavirus

Infeksi virus mengakibatkan infeksi saluran pernafasan seperti batuk, sakit tenggorokan, sesak, pusing dan demam tinggi yang terjadi selama beberapa hari.

3. Beresiko besar Terkena

Orang yang mempunyai daya tahan tubuh lemah seperti anak anak dan orang tua serta orang yang terdapat riwayat sehabis berpergian dari Wuhan, China.

4. Tindakan yang bisa dilakukan

Apabila anda sehabis berpergian ke daerah sekitar China dan mengalami gejala gejala seperti yang disebutkan diatas maka disarankan untuk segera mencari pengobatan ke fasilitas kesehatan terdekat.

Apabila anda harus melakukan perjalanan ke luar negri terutama Hongkong, Wuhan, Beijing maka perhatikan perkembangan penyakit Coronavirus dikarenakan sesuai CDC menyatakan berpergian ke daerah Wuhan, China berada di Travel Alert Level 3 Avoid Nonessential Travel

Jaga kesehatan tubuh dengan menjaga hygiene tubuh serta konsumsi nutrisi yang baik atau vitamin bila perlu.

Vaksin PCV13  dan Vaksin Influenza saat ini dapat menjadi pilihan Anda untuk meminimalisir kemungkinan risiko yang terjadi.

Hindari ancaman virus ini dengan rutin membaca berita ter-update, selalu membuka mata dan telinga Anda untuk informasi terkini yang bisa selamatkan Anda dan orang-orang tercinta.

 

Source : 

WHO/2019-nCoV/IPC/v2020.1

 

Disadur dan diadaptasi oleh: 

Maria Geisha - 
Membership LiveWell Indonesia 

dr. Katon Adi Nugroho - Medikaloka Private Health Management

 

Leave a Reply
Comments
No Comments