Feeling Overwhelmed dan Stres Selama Pandemi? Ini Tips Relaksasi Sederhana yang Bisa Kamu Coba

tips relaksasi1

Di tengah pandemi dengan segala ketidakpastian yang ada, mungkin sulit untuk kita merasa tenang. Rasa takut, khawatir, dan stres pun muncul, kemudian tanpa disadari, kita cenderung bernapas lebih cepat. Ternyata, rapid breathing bisa meningkatkan rasa cemas yang kita alami. Hanya dengan meluangkan waktu selama beberapa menit untuk mempraktekkan tips relaksasi yang dilansir dari NHS, pikiran kita akan tetap tenang:

1. Pilih posisi yang nyaman
Meditasi sederhana ini bisa kamu lakukan dengan berdiri, duduk di kursi, atau posisi telentang di tempat tidur, matras yoga, maupun lantai. Bila dalam posisi berbaring, letakkan lengan sedikit lebih jauh dari sisi tubuh, dengan telapak menghadap ke atas. Biarkan kaki tetap lurus, atau tekuk lutut sehingga kaki rata di lantai.

Bila meditasi dalam posisi duduk, letakkan kedua tangan di lengan kursi. Sebaliknya, kalau berdiri, pastikan kedua telapak kaki menjejak rata ke lantai, dan buka sedikit hingga selebar pinggul.

2. Tarik napas senyaman mungkin
Langkah meditasi selanjutnya, adalah membiarkan napas kita mengalir ke dalam perut. Jangan paksakan dan lakukan senyaman mungkin. Selain itu, cobalah untuk menarik napas melalui hidung dan keluarkan lewat mulut.

3. Hitung hingga lima detik
Tarik napas, lalu hembuskan dengan perlahan dan konsisten. Coba hitung dari 1 sampai 5 saat kita sedang menarik napas (meskipun kamu mungkin tak bisa mencapai hitungan ke 5 di awal). Kemudian, tanpa menjeda atau menahan napas, hembuskan napas perlahan sambil menghitung dari 1 sampai 5.

4. Lakukan selama 3-5 menit
Ulangi tahap sebelumnya selama 3-5 menit. Upayakan selama bermeditasi, pikiran kita tetap tenang. Bila kesulitan untuk fokus, ada trik yang bisa kamu coba. Letakkan buku di atas perutmu, lalu tarik napas yang dalam dan fokus untuk membuat buku tersebut terangkat.

Tips relaksasi sederhana dengan mengatur napas ini rutin dapat membantu menurunkan kadar kortisol, hormon yang dikeluarkan sebagai respon stres. Maka itu, tak ada salahnya untuk mempraktekkannya secara rutin, terutama di tengah situasi pandemi yang membuat stres.

Itulah kenapa, meditasi dan menarik napas panjang bisa membuat pikiran jadi lebih tenang. No matter how busy you are, don’t forget to take care of your mental health, alright?