Resep Miyeok Guk, Sup Rumput Laut khas Korea yang Lezat dan Menyehatkan

Miyeok Guk2

Drama Korea atau K-Drama tak hanya menyajikan hiburan bagi para penggemarnya, tapi juga memicu rasa penasaran untuk mencoba kuliner khas Korea. Maklum saja, banyak adegan di K-Drama yang memperlihatkan para aktor menyantap makanan khas Korea. Dalam drama Goblin, misalnya, ada adegan Ji Eun Tak memasak Miyeok Guk, yang merupakan sup rumput laut khas Korea. Nah biasanya, Miyeok Guk ini disantap di acara tertentu seperti ulang tahun atau setelah melahirkan.

Not only tasty, sup Miyeok Guk juga kaya akan vitamin K yang berguna dalam proses pembekuan darah. Well, if you want to try this healthy soup, coba saja memasaknya sendiri di rumah.

Bahan-bahannya cukup sederhana, cara memasaknya pun sangat mudah. Penasaran? Intip resep sup rumput laut khas Korea berikut ini, yuk!

Bahan-bahan:
– 3 ons rumput laut kering, rendam sampai mengembang
– 2 sdm bawang putih cincang
– 4 sdm guk ganjang (kecap asin khusus sup)
– 3 sdm minyak wijen
– 1 liter air
– 10 ons daging sapi
– Garam dan merica sesuai selera

Cara membuat:
1. Siapkan daging sapi, potong kecil-kecil.
2. Rendam rumput laut dalam air sampai mengembang, lalu tiriskan. Potong-potong lembaran rumput laut dalam ukuran sedang supaya mudah dimakan.
3. Tumis daging sapi dengan minyak wijen. Masak hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan.
4. Setelah daging sapi berubah warna, masukkan rumput laut. Tumis sebentar bersama daging sapi.
5. Masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan dan guk ganjang. Aduk-aduk sampai merata.
6. Setelah tercampur merata, masukkan 1 liter air. Tambahkan garam dan lada secukupnya, lalu tutup dan didihkan selama 30 menit hingga 1 jam. Miyeok Guk yang didihkan lebih lama akan menciptakan rasa yang lebih sempurna.

*Note: Jangan merebus sampai lebih dari 1 jam agar tidak menjadi bubur.

Karena rasanya yang ringan dan menyegarkan, kamu bisa menikmati Miyeok Guk bersama nasi, atau memakannya langsung. Another benefit, this dish contains low calorie, jadi kamu bisa menjadikan Miyeok Guk sebagai teman ngemil saat nonton K-Drama tanpa takut merusak diet.

Selamat mencoba resep Miyeok Guk khas Korea!