Waspada Fintech Ilegal, Berikut 5 Tips Ajukan Pinjaman Online Secara Aman

pinjaman online3

Pinjaman uang online kini menjadi salah satu solusi yang banyak dilirik orang ketika membutuhkan uang secara mendesak. Dibandingkan dengan mengajukan pinjaman ke bank, proses untuk mengajukan pinjaman online dan pencairan dananya memang cenderung mudah.

Tapi, di balik segala kemudahan yang ditawarkan, terdapat risiko yang mengancam para nasabahnya. Sebab, pinjaman yang diberikan bukan berasal dari lembaga perbankan, melainkan dari fintech P2P lending.

Untuk itu, kita harus bisa memilih fintech mana yang tepat. supaya utang kita tidak memberikan dampak negatif yang besar. Meskipun sudah terdaftar di OJK, kita tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum memilih pihak penyedia pinjaman, di antaranya:

1. Pilih aplikasi fintech resmi

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum melakukan pinjaman online adalah memilih fintech yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan yang resmi terdaftar di OJK akan mengikuti prosedur dan tata cara yang berlaku, mulai dari cara penagihan, ketentuan besar bunga pinjaman yang tidak boleh lebih dari 30%, dan lainnya.

Hal terpenting adalah, dengan memilih aplikasi fintech resmi, kita bisa menjamin keamanan dan terhindar dari efek negatif pinjaman online ilegal.

2. Pilih pinjaman yang bersifat transparan
Untuk meminimalkan risiko dalam mengajukan pinjaman, pastikan untuk mendapatkan informasi terkait syarat dan ketentuan sedetail mungkin. Berapa banyak bunga yang harus dibayar, jangka waktu pinjaman dan biaya, hingga detail seperti sanksi telat membayar serta denda harus benar-benar dipahami.

Idealnya, semua informasi tersebut sudah bisa ditemukan di halaman awal website pihak penyedia pinjaman online. Namun, tidak sedikit pula website pinjaman online yang kurang jelas mencantumkan hal-hal itu, sehingga kita harus lebih menguliknya untuk mendapatkan informasi penting tersebut.

3. Punya layanan konsumen
Sebaiknya, pilihlah perusahaan yang memiliki layanan konsumen jelas dan mudah dihubungi. Tujuannya, supaya kalau ada masalah, kita bisa dengan mudah menghubungi mereka.

Menurut situs Duwitmu.com, layanan konsumen yang jelas dan mudah dihubungi juga bisa menjadi tanda apakah lembaga tersebut legal atau ilegal. Pinjaman online ilegal biasanya tidak memiliki layanan konsumen, karena identitas mereka tidak ingin dikenal dan sebisa mungkin ditutup-tutupi.

4. Website dan aplikasi secured
Pastikan pinjaman online dilakukan di situs yang aman dan terproteksi dengan secured. Fintech P2P pinjaman online resmi diwajibkan OJK melakukan sejumlah langkah keamanan di website dan database untuk melindungi data konsumen.

Hal ini termasuk lolos audit dan sertifikasi ISO teknologi informasi, untuk memastikan bahwa keamanan data konsumen menjadi prioritas utama perusahaan. Peminjam bisa melihat keamanan situs dari logo gembok atau tergembok di kiri atas yang bisa dikatakan keamanan dari situs tersebut terjamin.

5. Perhatikan persyaratannya
Dilansir Republika, sebaiknya kita memperhatikan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi sebelum bisa mencairkan dana pinjaman. Salah satu poin plus dari pinjaman online adalah syarat yang mudah dan tanpa jaminan. Kalau persyaratan yang ada saja sudah sulit dan tidak jelas, lebih baik kita memilih jasa keuangan yang lain saja.

Pastikan semua persyaratan yang dibebankan oleh pihak penyedia pinjaman online tidak terlihat mencurigakan dan sesuai dengan kemampuan kita. Note that; hal yang paling penting untuk dipahami adalah syarat pengajuan pinjaman, besaran bunga, dan besaran tagihannya.

Perlu diperhatikan agar kita tak mudah tergiur dengan penawaran bunga ‘rendah’ per bulan. Sebagai contoh, bunga yang tampaknya rendah (1% per bulan) setelah disetahunkan akan menjadi 12%. Apabila dibandingkan dengan suku bunga pinjaman yang berlaku, bunga tersebut tidak tentu tergolong rendah. Maka penting untuk kita mengetahui suku bunga yang berlaku pada saat ini, dan suku bunga yang dikenakan kepada pinjaman kita dalam setahun.

Untuk melihat suku bunga terkini, silakan klik tautan berikut:https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/Pages/Suku-Bunga-Dasar.aspx

Itulah tips mengajukan pinjaman online yang aman dan terpercaya. Meski memberikan berbagai kemudahan dibandingkan lembaga keuangan lainnya, tapi kita harus tetap hati-hati dan teliti supaya tak merugi di kemudian hari.

Related Posts